Bismillahirrohmanirrohim
Redaman dalam kabel serat optik
jaringan serat optik dari beberapa elemen seperti pada tulisan sebelumnya tentang elemen dasar SKSO , pada elemen atau komponen tersebut memberikan nilai redaman, berikut ini komponen- komponen yang dapat menyebabkan timbulnya redaman diantaranya :
1. Konektor
Konektor biasanya digunakan untuk kontak dengan terminal perangkat aktif, konektor yang dibentuk harus menjamin dari kesalahan penyambungan dan dapat meminimumkan kesalahan secara langsung. redaman di konektor tidak boleh melebihi 0,5 dB untuk tiap konektor
2.  Splicing atau sambungan
Pada kabel optik pasti kita akan melakukan yang namanya splicing, jadi splicing ini merupakan salah satu sunber timbulnya redaman, redaman di splicing yang di ijinkan adalah 0,2 dB per splicing, jadi supaya tidak menimbulkan total loss yang tinggi maka, ketika melakukan splice harus di lakukan dengan sebaik mungkin, untuk mendapatkan nilai splice yang rendah.
3. Serat Optik
Kabel serat optik yang kita guanakan sebenarnya sudah memiliki redaman bawaan dari pabrikan, jadi tidak ada konektor atau tidak ada splice (sambungan) kabel serat optik serat optik sudah memiliki redaman. jenis serat optik single mode memiliki redaman yang kecil per kilometer nya.

Sekian dulu dari saya,
terima kasih

2 komentar: